Kamis, 11 November 2010

Komposisi sebuah tim basket

Sekarang kita akan membahas tentang olahraga, kita akan belajar mengenai posisi dan komposisi pemain basket. Dimulai dari urutan yang pertama hingga kelima.

1. PG (Point Guard) : Tugas utama dari seorang Point Guard adalah membawa bola, mengatur irama permainan, dan membagi passing. Dengan kata lain posisi ini bisa diisi dengan pemain-pemain kecil yang lincah dan jago dribble bola. Contohnya :  Rajon Rondo (Celtics).














2. SG (Shooting Guard) : Seorang Shooting Guard bertugas untuk menjadi ice breaker (pemecah kebuntuan), ketika tim sedang membutuhkan poin-poin krusial. Dapat diandalkan untuk shooting dari jarak yang cukup jauh, misalnya 3 point line. Contohnya : Reggie Miller (Pacers).












3. SF (Small Forward) : Seorang Small Forward adalah scorer di sebuah tim basket, seorang SF harus dapat melakukan lay-up & dunk (jika memungkinkan), serta dapat melakukan shooting dari jarak-jarak tertentu. Dan usahakan agar seorang SF tidak 'macet' dalam sebuah pertandingan, karena salah satu faktor penting yang ada di tim basket adalah scorer. Contohnya : LeBron James (Cavaliers - Heat).








4. PF (Power Forward) : Sekarang kita beralih ke Power Forward, disini tugas seorang power forward adalah sebagai rebounder bola, entah itu dari offensive rebound ataupun defensive rebound. Dan tugas berikutnya adalah menciptakan peluang ketika menyerang. Contohnya : Tim Duncan (Spurs).











5. C (Center) : Inilah 'poros' dari sebuah tim basket, tugas seorang Center adalah membagi bola ke segala arah di lapangan. Karena berada di tengah, tugas seorang center juga sebagai rebounder, seorang center juga harus mampu mendobrak pertahanan di free throw line. Biasanya posisi ini diisi oleh seseorang yang bertubuh besar dan mampu melakukan back down secara baik. Contohnya : Alonzo Mourning (Heat).



Sekarang pertanyaannya adalah, di posisi apakah anda di lapangan basket? Atau apakah anda mampu berperan ganda di lapangan? Semuanya saya kembalikan kepada para pembaca sekalian... Terima kasih.

1 komentar: