Rabu, 10 November 2010

Hiruk Pikuk kedatangan seorang Barrack Obama

Selama seharian kemarin (9/11) saya memperhatikan ada yang berbeda dengan lalu lintas yang ada di Bundaran HI, Jakarta. Terlihat begitu 'kosong' jika dibandingkan dengan hari-hari biasa... Ternyata memang Indonesia sedang kedatangan seorang tamu istimewa yang sebenarnya tidak 'asing' bagi Indonesia. Siapa? Barack Hussein Obama atau yang lebih kita kenal dengan Barack Obama. Ya, presiden Amerika serikat tersebut kemarin (9/11) waktu 16:15 WIB tiba di Bandara Udara Internasional Indonesia, Soekarno - Hatta. Beliau (Obama) hadir beserta istri Michelle Obama di indonesia. 
Barack Obama tiba di Bandara Udara Soekarno - Hatta beserta dengan istri.
Dalam kunjungan ke Indonesia kali ini, ketika sudah gagal 2 kali dalam rencana pertama. Beliau memberikan beberapa pandangan yang beliau lihat terhadap Indonesia. Beliau mengatakan bahwa dengan banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia, Indonesia pasti dapat bangkit dengan mengandalkan persatuan dari rakyat yang menjadi korban bencana alam tsunami dan letusan gunung merapi. 

Kemudian yang kedua beliau mengatakan bahwa Amerika Serikat sekarang ini sedang membangun jembatan untuk negara-negara muslim di dunia. Dengan membangun jembatan dan memperkuat hubungan dengan negara-negara muslim di dunia, dapat membuka mata Amerika Serikat serta pemahaman terhadap Amerika Serikat serta dunia muslim. 
Barack Obama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Disela-sela pidatonya, presiden Barack Obama mengucapkan terima kasih atas jamuan makan malam yang 'spesial'. Dan yang membuat semua undangan bertepuk tangan pada acara jamuan makan malam adalah ketika beliau mengucapkan "Terimakasih atas, bakso, nasi goreng, emping, krupuk. Semuanya enak.". Secara spontan para undangan di istana Merdeka memberikan tepuk tangan untuk 1 kalimat bahasa Indonesia yang diucapkan beliau.

Dihari berikutnya (10/11) presiden Obama datang ke Universitas Indonesia untuk memberikan kuliah umum untuk para mahasiswa di Universitas Indonesia. Dalam waktu setengah jam, Obama banyak memberikan arti tentang pentingnya sebuah persatuan untuk sebuah bangsa.
Obama dalam sesi kuliah umum di Universitas Indonesia
Setelah itu presiden Obama berharap bahwa beliau dapat kembali ketika Indonesia menjadi tuan rumah KTT Asia Timur. Dan di akhir kuliah umum beliau mengatakan bahwa beliau sangat senang dapat kembali pulang ke 'rumah' yang begitu memberikan banyak arti bagi kehidupan beliau. Dan yang menjadikan Universitas Indonesia heboh adalah ketika beliau mengatakan "Bhineka Tunggal Ika", sontak para mahasiswa di aula Universitas Indonesia memberikan tepuk tangan.
Presiden Obama setelah memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia
Saya berharap sekali bahwa kunjungan ini bukan kunjungan yang terakhir dari beliau untuk Indonesia. Karena  di sini, sebagai seorang yang pernah tinggal di Indonesia untuk waktu yang tidak cukup lama, harapan saya bahwa Indonesia dapat memperoleh seseuatu dari presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Sebagai bagian kecil dari Indonesia yang pernah merasakan hangatnya atmosfer masyarakat Indonesia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar