Jumat, 12 November 2010

Fundamental Basket

Fundamental? Apa itu? Fundamental adalah dasar. Ya, sekarang kita akan membahas lebih lanjut tentang basket itu sendiri, yang pertama yang akan kita bahas adalah tentang cara bertahan. Posisi bertahan yang baik dan benar adalah seperti berikut ini. 
Tampak dari depan.
 Ini adalah posisi standar ketika kita sedang dalam situasi bertahan, biasanya posisi ini kita gunakan ketika kita tidak dalam situasi mengejar pemain yang membawa bola (passive mode). Di Indonesia sendiri biasanya posisi ini terarah sedikit lebih pendek dan lebih menjorok kedepan.










Ini adalah gambar dari samping, dalam mode bertahan pasif. Ada beberapa alasan kenapa kita menggunakan posisi seperti ini. Yang pertama adalah :

1. Kita menggunakan tangan untuk memblock pergerakan lawan. Bukan menghentikan, hanya memblock dan mengcover arah gerak lawan.

2. Kita dapat mundur dengan teratur, tanpa harus khawatir jatuh karena keseimbangan terarah kedepan.

3. Kita dapat menutup arah lari lawan dengan menggunakan langkah kepiting (Crab Steps).



Berikut ini beberapa tips untuk defensive stances (Posisi Bertahan) :
1. Perhatikan pinggul dari pemain yang membawa bola, karena dia tidak akan bisa berpindah tanpa pinggul. Dan anda tidak akan terjebak oleh trik bola atau pergerakan kaki.

2. Latih pergerakan ke kiri dan ke kanan menggunakan langkah kepiting, hal ini di gunakan untuk mengatur kecepatan anda ketika berusaha melakukan pertahanan mundur (Reverse Defense).

3. Menggunakan segitiga bertahan (Defensive Triangle), dimana selalu menggunakan Man - on - The ball (seorang pemain selalu mengejar bola). Tetapi hal ini harus di selesaikan dengan latihan setiap hari, agar pemain selalu waspada dan tidak melupakan kebijakan Man - on - The ball.

Jika dilihat di gambar disamping, pemain O (bulat) yang membawa bola mencoba drive dengan dibayangi oleh pemain ^1 (segitiga). Setelah pemain O passing ke O3, yang menutup pergerakannya adalah ^3, dan pemain ^2 menempati tempat ^3 untuk memblock passing dari O3 menuju O2.

Setelah membaca artikel ini, harapan saya adalah anda dapat mencoba dan menikmati manfaat dari defensive stance di basket. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar